Pertama Jumpa

a

Terpaan angin membawa debu sampai ke langit. Lalu debu-debu itu sedikit masuk ke ujung pelupuk mataku. Itu membuat mataku berkedip cepat dan sedikit berair.

Lukisan langit berwarna biru saphire dikelilingi awan selembut kapas memanjakan mataku yang gelap. Sorotan matahari kala itu tidak begitu terik. Cuaca yang cukup cantik untuk memulai hari.

Kulangkahkan kaki dengan mantap ke suatu ruang yang kusebut ruang kelas. Ruangan berbau lembab karena kekurangan sinar matahari. Kududuk di kursi kayu nan dingin, pertanda kursi itu telah lama tak disinggahi siapa pun. Mataku berpendar menatap suasana asing di sekelilingku.

Mungkin takdir telah diatur sedemikian rupa, sehingga aku dan ia berada pada satu garis lurus; saling duduk berhadapan.

Angin lembut itu masih belum menyentuh kalbu.

Ya, masih belum.

Aku asyik menggoreskan tinta hitam di selembar kertas. Aku masih belum terlalu peduli pada sekitarku. Terus menulis dan menulis. Sesekali berhenti, kemudian kembali menulis.

Suara berat itu menyapa untuk pertama kali, lalu tanpa sengaja tatapanku mendarat tepat ke arah matanya. Sebuah lengkungan tipis dibibirku menyambut sapaan itu. Sapaan untuk memulai pertemanan, mungkin. Entahlah, sebenarnya aku tak pernah berpikir demikian.

Layaknya air hujan yang jatuh ke bumi. Melewati pepohonan, dedaunan, bebatuan, kemudian jatuh tepat di atas tanah. Mengering ketika sinar matahari menerpa, jejak hujan itu hilang namun aromanya masih terasa. Begitulah awal perasaan ini padanya, belum terjamah sampai ke dasar hati. Namun, ia memberi kesan yang menyenangkan.

Hatiku sedikit berbisik, “Sepertinya kelak kau akan dibuat susah olehnya.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s